Membuat Logo yang unik untuk Produk atau Perusahaan anda

Walaupun usaha anda masih bertaraf kecil namun untuk logo atau identitas perusahaan anda harus kuat, mudah di ingat dan dapat dikenali. Salah satu contoh nya jika ingin mempunyai website tentu anda kan membeli domain yang sesuai dengan nama produk atau perusahaan anda. Dan secara umum, untuk membangun identitias bisnis dimulai dengan desain logo perusahaan. Logo tentu menjadi penting pada saat melakukan pemasaran produk / jasa, karena merupakan salah satu ciri khusus yang membedakan anda dengan kompetitor lainnya. Dan hemat kami bahwa kesan pertama itu adalah hal penting.

Tidak ada konsep sebuah logo yang cocok dipakai untuk semua jenis produk / usaha. Karena pembentukan sebuah logo itu tergantung dari beberapa faktor seperti nama usaha, nama produk, nama jasa atau apapun yang hendak anda tawarkan kepada calon konsumen. Dan juga sebuah logo harus berhasil memproyeksikan pesan secara positif kepada publik.

Sampaikan tentang apa perusahaan anda

Ketika seorang pertama kali melihat logo anda dan mereka tidak tahu tentang bisnis anda, maka ciptakanlah sebuah logo yang dapat mewakili hal tersebut. Walaupun tidak secara keseluruhan namun setidaknya ada personal brand yang di usung didalamnya.

Sebagai contoh kita ambil logo Amazon, yang mana pada logo tersebut berisi elemen tentang bisnis mereka. Pertama logo tersebut langsung merujuk kenama perusahaan, kedua adalah tanda panah a ke z menyampaikan pesan ramah senyum dan ketiga makna dari panah a ke z tersebut adalah mereka menjual apa saja, mulai dari a sampai z ada disana semua.

Pilihan terhadap warna logo

Warna yang tepat dapat membangikitkan suasana hati dan pesan bisa sampai pada seseorang. Misalnya orang melihat warna kuning akan membangitkan rasa bahagia, cerah dan terasa awet muda. Jika melihat warna biru orang akan merasakan tenang, percaya diri dan tidak konfrontatif. Berbeda lagi dengan warna merah, yang cendrung lebih bergairah, kuat dan semangat. Memilih warna yang tepat untuk logo amatlah penting, karena hal itu juga menggambarkan kepribiadian anda. Warna juga mengandung unsur psikologis, jadi pilihlah warna yang individual untuk menarik pelanggan anda.

Satu warna dapat memberikan gambaran yang jelas tentang usaha anda. Misalnya warna biru muda bisa digunakan untuk logo perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, karena warna tersebut mengirimkan pesan ketenangan dan membentuk sebuah tingkat kepercayaan. Namun disisi lain warna biru muda ini bisa terlalu pasif jika diterapkan untuk logo sebuah perusahaan penjualan barang. Mungkin lebih baik menggunakan warna orange, karena warna orange lebih mencerminkan antusias dan agresif sehingga tercapai tujuan yang lebih baik.

Akan tetapi bukan hanya memilih warna dari segi emosional saja, namun pemilihan warna untuk logo juga untuk membedakan anda dari pesaing yang ada saat ini. Jika nantinya warna logo terpaksa sama dengan pesaing anda, maka berikanlah nilai jual yang lebih terhadap produk atau jasa anda. Bisa anda bayangkan jika JNE dengan POS sama sama menggunakan warna orange. Mungkin anda susah menentukan jika hanya melihat sekelias di jalanan, apakah itu kurir JNE atau POS ya ? terpaksa lihat logo masing masing dulu. Buatlah sebuah skema warna yang berbeda dari pesaing anda.

Carilah Font yang relevan

Semua font diciptakan tidak ada yang sama, jadi kita bisa bebas memutuskan untuk menggunakan yang model apa. Untuk pemilihan font ini bisa disesuaikan dengan merek atau indentitas pribadi anda. Untuk font yang sedikit aneh dan melengkung bisa digunakan untuk usaha / jasa di bidang anak anak atau hewan peliharaan, tapi kurang optimal jika dipakai untuk jasa asuransi, karena asuransi lebih menampilkan citra yang profesional dan lebih serius. Font yang menggunakan huruf tebal bisa optimal untuk perusaan property tapi kurang pas jika di gunakan untuk usaha jasa rias atau perlengkapan pesta.

Sebuah logo bisa ditempatkan dimana saja

abstract creative corporate identity set template in blue

Setelah anda memiliki sebuah logo tentu akan digunakan di media lain seperti website, kemasan, kartu nama, media sosial atau pada media promo anda. Hal ini harus bisa fleksibel agar dapat digunakan di semua media dan juga logonya harus terlihat jelas. Jika salah satu media itu tidak bisa dipasangi logo, tentu hal ini akan merugikan anda sendiri karena kehilangan media untuk mengenalkan brand anda kepada calon konsumen. Buatlah sebuah logo yang menarik walau ditempatkan di media manapun. Jangan terlalu fokus pada desain logo untuk website tetapi begitu dipasang di baju seragam terlihat lebih jelek. Buatlah logo Anda yang eye-catching dan menyenangkan dalam semua format, baik digital dan cetak, dan di semua tempat yang dibutuhkan.

Mulailah sebeuah usaha / bisnis yang baru dengan membuat logo yang berkualitas, membedakan dengan perusahaan pesaing dan dapat berbicara kepada orang yang melihat tentang siapa anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *