8 alasan kenapa anda harus Berinvestasi dalam Branding

 

Kata branding masih sering rancu dalam mengartikannya. Bahkan beberapa markerter percaya bahwa sebuah brand indentik dengan desain logo dan trade mark, padahal konsenp branding sendiri jauh lebih rumit dari itu. Hal ini bisa mencakup tagline perusahaan, warna brand, desain kemasan, atau jinggle dan banyak hal lainnya, namun tidak dapat dikurangi menjadi salah satu dari yang lainnya.

Singkatnya, branding itu cara mempengaruhi pelanggan, karyawan, pesaing kita, dan hampir semua orang yang mengenal perusahaan / produk kita ke arah yang kita inginkan. Hal ini untuk menciptakan sebuah citra positif terhadap bisnis kita. Meskipun tidak nyata akan tetapi dampaknya sangat luar biasa.

Berinvestasi dalam branding adalah suatu keharusan untuk bisnis apa pun, termasuk UKM, perusahaan pemula, atau perusahaan besar. Bahkan jika produk kita menjual seperti tempe goreng sekalipun, branding harus berada di urutan teratas daftar prioritas karena itu adalah investasi jangka panjang yang akan kita rasakan efek nya dikemudian hari.

Berikut kami rangkum 8 alasan kenapa anda harus mulai berinvestasi dalam branding.

1. Menciptakan Implikasi terhadap psikologis

Pelanggan menyukai merek. Jika kita lihat, bahwa ada hashtag Instagram untuk berbagai brand. Ada beberapa alasan untuk hal ini terlepas dari kualitas yang dirasakan, brand masuk dalam emosional ke setiap orang secara pribadi. Menurut psikolog, orang secara tidak sadar percaya bahwa brand bisa membuat mereka menjadi versi yang lebih baik dari diri mereka sendiri.

Sejumlah contoh menunjukkan betapa kuatnya Brand melekat di hati pelanggan, dapat dianalisa melalui contoh brand Apple. Bahkan sebuah brand dapat berdampak pada kinerja mereka. Perusahaan seperti Coca-Cola, Apple atau Nike masih secara terus menerus berinvestasi dalam branding, meskipun mereka sudah populer diseluruh dunia. Karena mereka percaya bahwa persepsi konsumen terhadap brand mereka merupakan salah satu yang memotivasi untuk melakukan pembelian produk mereka.

2. Memilih target konsumen anda

Branding dapat memilih konsumen mana yang ingin anda jadikan target penjualan. Penelitian dalam branding diperlukan karna informasi yang diperoleh akan membantu dalam mengindentifikasi personal pembeli. Dengan cara itu kita bisa menghasilkan pesan atau iklan secara tepat dan menjangkau pelanggan yang tertarik dengan produk atau jasa kita.

Pendekatan seperti ini juga sangat bermanfaat, karena kita akan mampu membangun loyalitas pelanggan dan mengubah pelanggan menjadi pendukung brand kita. Kepuasan dan loyalitas pelanggan akan menghasilkan efek viral, dan pelanggan yang puas akan dengan senang hati menyebarkan informasi produk atau jasa kita sehingga mempermudah kita dalam mencapai target ROI. Survei mengatakan bahwa pelanggan yang puas memberi tahu sembilan orang lainnya tentang pengalaman positif mereka. Dan hal ini memberi keuntungan bagi investasi branding kita.

3. Arahkan penjualan anda ke jalur yang tepat

Saat ini dalam bidang pemasaran dan penjualan sangat jenuh dan kompetitif, perusahaan harus kerja extra untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Situasi yang begitu rumit, dengan banyak pesaing membuat kita merasa tidak aman, banyak di antara kita cenderung menghasilkan banyak lead tanpa kualifikasi yang hanya menghambat penjualan.

Masalahnya adalah bahwa banyak perusahaan menjual produk atau layanan yang sama, dan pelanggan harus menemukan alasan mengapa memilih kita daripada pesaing lainnya. Simon Sinek mengatakan bahwa “Orang tidak membeli apa yang anda lakukan, tapi Mereka membeli karena mengapa anda melakukan hal itu “, dan kutipan ini sesuai dengan esensi branding, ini membantu menjelaskan kenapa dan apa keunggulan anda.

4. Mengakuisisi pelanggan baru

Jika brand kita mudah dikenali dan mudah diingat maka tidak sulit untuk mendapatkan rekomendasi dari pelanggan yang telah membeli produk/jasa kita. Bagaimana mungkin seseorang memberi tahu teman nya jika Kaos yang dibeli nya bagus dan keren jika tidak ada atau tidak tahu merek nya? . Popularitas itu juga bergantung dari pemasaran melalui mulut ke mulut. Begitu jelas kalo branding itu sangat penting untuk meyebarkan informasi tentang produk atau jasa kita.

Ada 3 alasan utama seseorang merekomendasikan produk atau jasa kita, yaitu berdasarkan pengalaman mereka, keahlian kita dan reputasi kita saat ini. Kalau berdasarkan pengalaman itu tergantung interaraksi konsumen dengan kita. Tapi kalu berdasarkan keahlian dan reputasi itu bergantung pada kekuatan brand.
“Sebuah survei menunjukkan bahwa rekomendasi seseorang terhadap suatu produk lebih cenderung pada reputasi (46,4%) dan pada keahlian (48,1%), yang berarti bahwa brand memainkan peran penting dalam kasus ini. Karena 95,5% rekomendasi berasal dari sumber yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya dengan perusahaan.”

5. Dapat Meningkatkan produktivitas karyawan

performance level conceptual meter indicate hundred per cent, isolated on white background

Gaji yang baik adalah salah satu motivator terbesar, tapi bukan satu-satunya faktor yang dipertimbangkan karyawan saat memilih bekerja dengan kita. Itulah sebabnya perusahaan mencoba menarik dan mempertahankan karyawan terbaik dengan menggunakan branding perusahaan. Hampir 60% pengusaha mengatakan bahwa ini adalah salah satu segmen terpenting dalam SDM perusahaan.

Mereka juga berusaha untuk menonjol di antara pesaing lainnya dan menunjukkan mengapa seorang calon karyawan lebih baik berkeja diperusahaan mereka. Branding internal meningkatkan produktivitas karena menciptakan hubungan emosional tertentu dengan perusahaan, sehingga tujuan perusahaan menjadi penting bagi karyawan. Selain meningkatkan produktivitas, strategi ini juga akan mengubah karyawan menjadi brand ambassadors.

6. Dapat meningkatkan nilai bisnis

Branding secara signifikan akan meningkatkan nilai bisnis kita, produk kita bisa berharga tinggi, dan tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan harga saham sebuah perusahaan. Umumnya orang lebih suka membeli produk bermerek meski harganya jauh lebih mahal daripada beberapa produk yang belum dikenal walaupun harganya murah.

Jika kita berinvestasi dalam brand dan mengelola agar bisa berbeda dengan perusahaan lainnya, tentu kita juga punya kesempatan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi untuk produk kita. Secara umum, branding membantu kita membangun bisnis sebagai leader dalam dunia industrinya. Jika Anda berinvestasi dalam brand, tentu ini berinvestasi di masa depan .

7. Dapat bertahan dalam persaingan yang ketat

Terkadang perekonomian terlihat lesu dan kurang bergairah, produk susah untuk laku, banyak bisnis yang sia-sia. Namun bisa kita lihat bahwa Brand yang sudah kuat akan mampu melewati masa-masa sulit ini. Hal ini bisa dikatakan juga bahwa waktu yang tepat melakukan branding adalah saat dimana bisnis kita sudah mulai berkembang, karena lebih mudah untuk menyisihkan uang dalan investasi branding. Jika pada saat bisnis kita hampir tenggelam, akan timbul keraguaan untuk melakukan branding karena dana perusahaan akan tersedot untuk biaya investasi brand. Itulah alasan untuk mulai merencanakan dan memastikan bahwa perusahaan anda mampu bertahan dari persaingan yang ketat.

8. Dapat membantu team marketing anda.

Tidak bisa dipungkiri bahwa seorang marketing akan lebih mudah mempromosikan sebuah brand yang kuat. Namun upaya pemasaran dan periklanan akan membuang waktu dan biaya jika kita gagal membangun sebuah bisnis sebagai brand. Strategi branding dan pemasaran yang efektif akan mengembangkan usaha anda dan meningkatkan posisinya dimata konsumen.

Pencitraan brand sangat penting untuk menjelaskan tujuan dan sasaran bisnis anda, seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa hal itu akan memberikan jawaban atas pertanyaan “Mengapa perusahaan anda ada?”. Setiap elemen strategi pemasaran termasuk website, atau corporate identity harus didasarkan pada dan definisi brand anda. Dan perlu diperhatikan juga bahwa jika kita tidak konsisten di seluruh media pemasaran, dapat merusak citra dari brand yang telah dibangun dan bisa membuat binggung konsumen

Meskipun tampaknya branding adalah investasi mahal yang hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar, ada baiknya dicoba, karena bisa menjadi “game changer” untuk bisnis anda. Kami hadir sebagai sebuah solusi , menjembatani sebuah perusahaan atau UKM untuk menemukan strategi branding yang tepat. Tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *